Seminar Ilmiah dan Kewirausahaan LUSTRUM VII

 

Dalam rangka memperingati Lustrum VII 2013 Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Pada hari Jumat (11/10) yang lalu telah diadakan Seminar Ilmiah dan Kewirausahaan yang bertempat di Auditorium Dekanat Lantai 2 Gedung Fakultas Teknik. Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 ini kurang lebih diikuti oleh 300 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa S1 dan S2.

Seminar ini diisi oleh pembicara dari lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang telah sukses di bidangnya masing-masing. Mereka antara lain Dr. Syaifuddin, ST., MM. dari PT. Surya Energi Indotama Bandung, Ir. Dudung Irawan, MIM., MSE. Human Resources Development (HRD) – DISJATIM PT. PLN, Ir. Purnomo Hadiprianto Direktur PT. Citra Gemilang Apik, dan Ir. Lukman Julianto, MSc. dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Ir. Dudung Irawan mendapat kesempatan pertama sebagai pembicara. Beliau menyampaikan materi yang berjudul “Overview Sistem Kelistrikan Jawa Timur, Dalam Rangka Sinkronisasi Pertumbuhan Investasi Di Jawa timur”. Materi tersebut berisi tentang pentingnya energi listrik dalam sektor pertanian, pertambangan maupun industri. Beliau juga menitipkan pesan kepada peserta mengenai pentingnya IT di dunia kerja saat ini.

Pembicara kedua adalah Ir. Lukman Julianto . Beliau menyampaikan materi yang berjudul “Cyber Warfare, The 5th Domain of War”. Beliau menjelaskan pentingnya security dalam cyber warfare. Karena dewasa ini Cyber Warfare merupakan salah satu serangan paling berbahaya di dunia karena mampu melumpuhkan sistem vital dalam sebuah negara. Tak lupa juga beliau menyampaikan agar kita selalu berdoa dan bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Hadir sebagai pembicara ketiga yaitu Ir. Purnomo Hadiprianto yang mengangkat tema “Green Transportation”. Di sini beliau menerangkan efek buruk dari emisi karbon kendaraan transportasi terhadap lingkungan yang mampu mengancam kelangsungan hidup anak cucu kita. Oleh sebab itu beliau menghimbau agar industri transportasi ramah lingkungan seperti mobil listrik mampu berkembang dan menjadi peluang usaha bagi industri di tanah air.

Dan pada kesempatan terakhir Dr. Syaifuddin, ST., MM menjadi pembicara keempat. Materi yang bertema “Membangun Negeri Dengan Inovasi” menjadi materi terakhir pada seminar kali ini. Beliau memaparkan pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada inovasi, sumber daya yang tangguh menjadi kunci utama inovasi dan penggerak pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

[slideshow_deploy id=’2141′]