Kegiatan Bulan Ramadhan 1434 H

Kegiatan Bulan Ramadhan 1434 H

 

Pada Bulan Ramadhan 1434 H kemarin, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro mengadakan 2 kegiatan yakni Presto dan SOTR. Presto adalah Pondok Pesantren Teknik Elektro dan SOTR adalah Sahur On The Road. Presto ini adalah kegiatan yang baru diselenggarakan tahun ini, sedangkan SOTR adalah kegiatan rutin setiap tahun.

 

(PRESTO) Sebuah Wujud Eksitensi Forsitek di Bulan Ramadhan

[slideshow_deploy id=’1964′]

 

Forum Studi Islam Teknik Elektro (FORSITEK) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB)  pada Jumat (12/7) menyelenggarakan kegiatan PRESTO (Pesantren Ramadhan Teknik Elektro) 2013. Bertempat di Gedung Kuliah Teknik Elektro, Gedung A Ruang 1.6. Acara Pesantren Kilat ini di ikuti sekitar 40 peserta yang rata-rata berasal dari jurusan teknik elektro.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris jurusan teknik elektro Dr. M. Azis Muslim, ST., MT. Bapak azis muslim dalam sambutanya mengapresiasi acara semacam ini bagus sebagai wadah mahasiswa muslim teknik dan teknik elektro pada khususnya untuk menambah wawasan keislamannya serta berharap dengan mengikuti kegiatan ini para peserta PRESTO juga bisa menambah kualitas keimanan dan ketaqwaanya.

“Semoga essensi kegiatan ini sesuai dengan nama kegiatan itu sendiri dan bagi para peserta yang mengikuti acara ini harapanya setelah selesai mengikuti serangkaian acara PRESTO ini mampu segera memperbaiki dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaanya,”ujarnya.

Acara ini di selenggarakan demi memperingati datangnya bulan suci Ramadhan sekaligus sebagai eksitensi FORSITEK sebagai lembaga dakwah islam di lingkungan teknik elektro guna memfasilitasi KBME untuk bersama-sama meningkatkan iman dan taqwa selama di bulan Ramadhan ini. Kegiatan ini di selengarakan selama 3 hari 2 malam.

Selain kegiatan kajian keislaman, kegiatan ini juga di isi dengan buka bersama sekaligus sholat taraweh dan baca Al-Qur’an bersama. Selama kegiatan berlangsung, tidak hanya ketua jurusan saja yang menghadiri acara ini, kegiatan ini juga di hadiri bebarapa dosen-dosen dari jurusan teknik elektro, ada Bapak eka maulana juga.

“Semoga dengan adanya acara ini bias bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa untuk lebih semangat mengisi bulan ramadhan dengan agenda-agenda yang bisa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan diri sekaligus semoga kegiatan ini juga mampu menciptakan lingkungan yang islami di lingkungan teknik elektro” tutur ketua kegiatan PRESTO 2013 Laksana W Prayoga.

Setelah 3 hari berlangsung, Acara ini di tutup langsung oleh ketua umum Forsitek Muhammad Afnan Habibi dan diteruskan dengan do’a bersama dan photo bersama antar peserta dan panitia.

 

SOTR 2013, Berbagi Untuk Kebersamaan

[slideshow_deploy id=’1950′]

 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan rasa berbagi terhadap sesama dalam nuansa bulan suci Ramadhan, salah satunya yang dilakukan oleh para Mahasiswa jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan Sahur On The Road  2013 yang biasa di sebut SOTR, pada hari kamis (29/7). Acara ini di ramaikan oleh semua angkatan aktiv mulai dari angkatan 2012 sampai angkatan 2009.

Salah satu kegiatan SOTR yaitu membagikan makanan buat sahur untuk warga di sekitar kota malang.

Tapat pada pukul 01.30 WIB, acara di mulai dengan do’a bersama di belakang gedung Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro serta dilanjutkan dengan penjelasan rute yang akan dilalui. Rute yang akan dilalui mulai dari arah pasar belimbing lalu ke pasar besar kota malang dilanjutkan ke arah stasiun baru dan  finish di alun-alun kota malang.

Dalam perjalanan, setiap mahasiswa membawa 1 bungkus atau lebih nasi kotak untuk di bagikan kepada warga disekitar yang sedang beraktivitas di pagi hari.

Setelah proses membagikan makanan ke warga sekitar sekitar pukul 03.15 rombongan panitia SOTR sampai di alun-alun kota malang. Acara pun berganti menjadi acara sahur bersama antar panitia SOTR 2013 di depan masjid besar kota malang. Sebelum acara saur bersama, acara terlebih dahulu di buka dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Gadis Triandini angkatan 2012 dan ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro 2013, Fery Praditama.

Setelah acara sambutan selesai, Pembawa Acara, Dessy Lina, memberikan kesempatan untuk masing-masing ketua angakatan memberi kesan dan pesan dalam acara SOTR 2013 pada kali ini.

Dalam sambutanya, ketua pelaksana SOTR 2013, menyampaikan rasa terima kasih untuk Keluarga Besar Mahasiswa Teknik Elektro atau KBME atas partisipasinya dalam memeriahkan acara SOTR 2013 ini. Dan berharap untuk semua KBME agar bisa berbagi dengan sesama selama di bulan Ramadhan. Setelah makan sahur bersama, acara di tutup dengan foto bersama seluruh panitia SOTR 2013.