Diseminasi dan Workshop Internet of Things

Kegiatan Diseminasidan Workshop Internet of Things

(22/Okt/2017), IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) UB Student Branch sukses menggelar acara Diseminasi dan Workshop Internet of Things. Bekerjasama dengan Power System Engineering and Energy Management Research Group (PSeeMRG), Acara bertema “Pervasive Innovation Begins Here” ini mengundang 2 keynote speaker; M. Aziz Muslim, ST, MT, Ph.D dan Eka Maulana, S.T., M.T., M.Eng., MIAENG, MIEEE.

Dalam sambutan sekaligus keynote speech-nya, Aziz Muslim Ph.D yang juga ketua jurusan Teknik Elektro UB, mengatakan bahwa ini merupakan acara yang kedua dari IEEE UB Student Branch setelah IEEE Colloquium. Ke depan, Acara ini akan berlangsung kontinyu dan diakhiri dengan Idea Exhibition dari peserta.

“Harapan kami mahasiswa teknik elektro dapat memiliki inovasi dan kreasi teknologi yang berkaitan dengan internet of things ini. “ ujarnya.

IoT (Internet of Things) sendiri adalah sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet. Sejauh ini, IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur, listrik, perminyakkan, dan gas.

Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “smart”. Melihat kemajuan teknologi yang ditawarkan dan perkembangan yang cukup pesat, diharapkan mahasiswa khususnya mahasiswa teknik elektro mempunyai wawasan di bidang Internet of things ini guna tambahan wawasan berupa hardskill dan mengikuti perkembangan teknologi.

Sesi Q&A Diseminasi dan Workshop Internet of Things

Pada sesi keynote speaker yang kedua, Eka Maulana menyampaikan materi dibantu dengan para delegasi IEEE UB Student Branch yang mengikuti acara Workshop IoT IEEE CASS di ITENAS Bandung. Sesi ini focus pada diseminasi hasil pemberangkatan delegasi UB ke IEEE CASS ITENAS Bandung. Sesi ini menjadi forum sharing materi dari apa yang didapat pada workshop IoT disana.

Acara lalu dilanjutkan dengan sesi materi TOEFL, TOEIC, dan IELTS dari International Test Center. Dalam materi ini, diharapkan menambah wawasan mahasiswa dalam berbahasa inggris khususnya TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

(TE/emis)