Closing PONSEL 2017: Malam Penuh Cerita

Pada 19 November 2017, PONSEL 2017 tiba di penghujung acara yaitu malam puncak Closing PONSEL 2017. Acara yang sudah dimulai pada pukul 15.00 WIB minggu sore yang dilaksanakan di depan Gedung B TEUB tersebut sudah mulai banyak KBME yang berdatangan. Perlombaan homeband mulai membangkitkan semua yang hadir. Meskipun dengan sedikit hujan gerimis tak menyurutkan KBME untuk ikut larut dalam Susana dan bergoyang mengikuti irama yang ada.

Setelah break instirahat maghrib, pukul 7 malam acara puncak kembali dilanjutkan. Kali ini ada penampilan khusus dari masing – masing angkatan yang terbilang unik – unik. Mulai dari angkatan 2013 hingga angkatan 2016 tidak mau kalah untuk unjuk penampilan yang menghangatkan suasana. Setiap angkatan tidak ketinggalan untuk menunjukkan kesolidan dan kekeluargaan yang penuh dengan cerita setelah sekian lama bersama.

Semakin malam semakin ramai KBME yang berdatangan, semakin menambah semarak malam itu. Hiburan–hiburan seperti penampilan pemenang homeband yaitu dari angkatan 2014 dan dari homband perwakilan setiap angkatan juga menambah keseruan. Serta juga diselingi dengan pembacaan pemenang–pemenang pertandingan PONSEL 2017 selama satu bulan ini. Dan tidak ketinggalan satu pertandingan yang sempat tertunda di opening yang lalu yaitu final Tarik Tambang yang mempertemukan angkatan 2014 dan 2016.

Malam telah akan mencapai tengah malam, pemenang demi pemenang telah dibacakan hingga saatnya pengumuman sang juara umum PONSEL 2017. Tetapi peresmian juara umum sempat tertunda, dikala pembawa acara mengumumkan yang menjadi juara umum adalah angkatan 2013. Angakatan 2014 yang merasa sedikit unggul jumlah poin sempat melakukan banding. Setelah beberapa waktu dilakukan perhitungan ulang, akhirnya yang menjadi juara umum tetaplah angkatan 2013.

Waktu telah menunjukkan pukul 12 malam, closing PONSEL 2017 malam itu sampai di penghujung acara. Penampilan spesial dari GigihSGD menjadi penutup dengan permainan musiknya yang berkesan. Hingga penampilan pun selesai, semua KBME bertepuk tangan dan meninggalkan lokasi acara. Selesai sudah semua rangkaian acara PONSEL 2017, sampai jumpa lagi untuk PONSEL tahun selanjutnya. PONSEL 2017!!! Ekspresi Juang!!! (SUB)

Internet of Things Training

IEEE UB Student Branch melaksanakan kegiatan Internet of Things Training yang berlangsug selama dua hari di Teknik Elektro Universitas Brawijaya yaitu pada tanggal 5 dan 12 November 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari IEEE UB Student Branch yang diikuti oleh peserta training yang sudah mendaftar sebanyak 70 orang yang tergabung dalam 14 kelompok.

Pada sesi pertama training yaitu tanggal 5 November 2017, diadakan pengenalan tentang dasar-dasar IoT oleh Bapak Eka Maulana, ST., MT., M.Eng melalui materi Internet and Communication Technology dan IoT System Design. Kemudian acara dilanjutkan dengan training tentang Basic IoT Programming berbasis NodeMCU dan Cloud. Pada Training ini peserta diajarkan bagaimana mengintegrasikan NodeMCU yang telah dihubungkan dengan beberapa sensor dengan BlynkApp yang berfungsi sebagai antarmuka pengguna dan mengakses data yang telah didapat sensor-sensor tersebut melalui cloud. Acara ditutup dengan sayembara yang diadakan oleh panitia yaitu IoT design contest yang akan dilombakan pada sesi ke dua training.

Pada sesi kedua training yaitu tanggal 12 November 2017, diberikan materi lebih lanjut tentang IoT yaitu IoT Embedded Programming dan IoT Standard Protocol oleh Bapak Eka Maulana, ST., MT., M.Eng. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dari seluruh kelompok yang sudah mendesain konsep IoTnya masing-masing. Dan sesuai hasil penilaian juri yaitu Bapak Eka Maulana, ST., MT., M.Eng., Bapak Lunde Ardhenta, ST., M.Sc, dan Reza Kemal, didapatkanlah 3 kelompok dengan desain IoT terbaik, juara 1 diraih oleh kelompok Octa Rudin dengan Wafle yaitu alat untuk monitoring air PDAM atau non PDAM, juara 2 diraih oleh kelompok Ardyanda Putra dengan Smart Strawberry Farm yaitu kebun Strawberry dengan konsep IoT, dan juara 3 diraih oleh kelompok Olivia Ferlita dengan Desain Smart Planting sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Panen Padi yaitu monitoring panen dengan IoT.

Wildan Alfi Syahri yang menjabat sebagai ketua IEEE UB Student Branch mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan materi tentang IoT dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill mereka di bidang elektronika serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini pula bertujuan untukmeningkatkan rasa percaya diri mahasiswa untuk mengikuti sebuah kompetisi di mulai dari lingkup internal. Ia juga berharap acara IoT ini mampu mengembangkan pola pikir mahasiswa untuk berinovasi dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat dengan mengaplikasikan apa yg telah diperoleh dan juga mampu mengembangkan kepercayaan diri yang ada agar ingin bersaing dilomba lomba diluar TEUB.(RIF)

SEMINAR KEWIRAUSAHAAN 2017

Beberapa waktu yang lalu Teknik Elektro Universitas Brawijaya mengadakan sebuah kegiatan seminar yang diberi nama “SEMINAR KEWIRAUSAHAAN 2K17“ yang diadakan oleh Departemen Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Kegiatan itu sendiri diadakan pada hari Sabtu 11 November 2017, dengan tema yaitu  “Find Your True Passion A Become Entrepreneur”. Acara tersebut cukup banyak mendapat perhatian dari mahasiswa TEUB maupun mahasiswa dari kampus lain di sekitar kota Malang, dimana terlihat dari antusias peserta seminar yang menghadiri acara yang diadakakan pada Sabtu pagi tersebut. Acara tersebut sendiri berlangsung di Aula Dekanat lantai 2 Fakultas Teknik, Jalan Mayjen M.T. Haryono No.167, Malang

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB tersebut menghadirkan Syafril Riza sebagai pembicara utama dimana beliau merupakan Senior Trainer dan Program Support Prestasi Junior Indonesia serta Founder Today Solution, Today Enthusiatst. Sebelum memulai acara pada Sabtu pagi tersebut terlebih dahulu diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana Acara Dimas Mudya, M. Alfian P. (WAKAHIM TEUB) dan Panser Mukti selaku perwakilan dari (BEM Teknik UB). Dalam seminar tersebut materi yang dibawakan berupa materi motivasi yang disampaikan secara ringan dan santai. Seperti pada awal materi beliau menceritakan pengalaman pribadi yang beliau dapat. Dan berbagai strategi dalam perencanaan saat kuliah juga beliau berikan, dimana dalam setiap keputusan yang diambil kita harus berani mengambil resiko serta bertanggung jawab akan sebih keputusan yang nantinya akan dipilih tersebut. Dan berbagai motivasi lain yang berkaitan dengan berbagai situasi yang dialami oleh banyak mahasiswa zaman sekarang. Selanjutnya di akhir wawancara beliau juga dibuka sesi tanya jawab kepada para peserta seminar.

Dalam acara tersebut juga Ketua Pelaksana Acara, yaitu Dimas Mudya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para peserta seminar kewirausahaan yang sudah menyempatkan waktunya untuk bisa hadir dalam acara tersebut. Serta berharap dengan acara ini dapat memotivasi bagi para mahasiswa untuk bisa lebih semangat membangun karakter kehidupan yang akan diinginkan nantinya dan semoga kegiatan ini akan dapat diadakan terus tiap tahunnya, begitu tuturnya. (LUT)

BASIC (BRAWIJAYA AUTOMATION SYSTEM INTERNAL COMPETITION) 2017

EL-COBRA (DIVISI OTOMASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA) kemarin telah mengadakan Training Umum pada tanggal 21-22 Oktober 2017. Selama 2 hari tersebut perserta diberi materi, dan diajarkan cara menggunakan software CX Programmer. Dan ada lombanya juga setelah melaksanakan Training Umum, lomba tersebut di laksanakan pada tanggal 11 November 2017. Tempatnya itu di Gedung A Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Ketua Pelaksana Training Umum adalah Izzul Islam Putra Nusantara (Angkatan 2015) sedangkan, untuk Ketua Pelaksana Lomba PLC Programming adalah Ghozal Prihandoko (Angkatan 2015).

EL-COBRA baru tahun ini mengadakan lomba PLC Programming motivasinya itu adalah “memang rencananya ingin bikin lomba skala nasional, tapi ingin benahin dari dalam dulu, jadi ini lombanya uji coba biar tahu evaluasinya apa aja yang perlu di perhatikan kalau misalkan jadi tahun depan.” ujar Izzul. Dan dari EL-COBRA ini telah membuat rencana untuk tahun depan, “bagaimana caranya dari kegiatan tersebut bisa sampai nasional?” yaitu bisa saja sampai nasional, tapi yang paling penting dari semuanya adalah dana. Itu hanya rencana dari divisi kami untuk jadi atau tidaknya tergantung kedepannya.

Lomba pertama kali ini sangat berkesan, karena juaranya diraih oleh angkatan 2015 semua yaitu:

JUARA 1 DIRAIH OLEH TEAM OSY 2015 terdiri dari (MOCHAMMAD ABDUL GHOFUR & PANJI RAVIE)

JUARA 2 DIRAIH OLEH sde for plc 2015 terdiri dari (NICO GAUTAMA GINTING & INDRALOKA BAYU KRISHNA)

JUARA 3 DIRAIH OLEH TIM TUPAI TERBANG 2015 terdiri dari (KEVIN ANAS WICAKSONO & RAIHAN T PUTRA)

Visi dari kegiatan ini adalah buat meningkatkan pengetahuan anak Teknik Elektro khususnya di Bidang Industri dan untuk buat challenge itu buat manfaat tambahan agar Mahasiswa semakin ingin berkompetisi dalam bidang pemrogramman. (FH)

ELECTRICAL UKLAM-UKLAM (E-KLAM) 2017

(Sabtu, 28 Oktober 2017) Departemen Internal mengadakan proker yang dinamakan dengan E-klam, mungkin nama proker tersebut masih terbilang awam bagi mahasiswa elektro karena memang proker ini adalah proker pertama yang diadakan pada tahun ini. E-klam sendiri adalah singkatan dari elektro uklam-uklam, ya uklam-uklam atau jika dibalik mlaku-mlaku atau dalam Bahasa Indonesianya jalan-jalan, dan E-klam pertama ini sediri dengan destinasi pantai watuleter yang berada di Malang selatan ya arah-arah pantai goa cina yang mungkin nama pantai watuleter ini masih sedikit kurang familiar bagi yang bukan orang asli Malang.

Perjalanan menuju pantai watuleter ini dipusatkan untuk berkumpul jam 9 pagi dan berangkat pukul 11.00 dengan masa yang ikut kurang lebih 30 Mahasiswa yang ikut. Diperjalanan menuju watuleter ada sedikit insiden ban motor Yoppy masuk kedalam mobil tapi untung saja tidak sampai menyebabkan terjatuh dan perjalanan pun dilanjutkan dan tiba ditujuan pada pukul setengah 2 siang. Sesampainya disana masa yang ikut langsung berenang dengan ombak yang bersahabat ada yang ngobrol-ngobrol santai, makan bersama dan bersama dengan membakar jagung rame-rame dengan nuansa pantai sehingga memulai tahun baru lebih awal dan yang tidak ketinggalan foto-foto tentunya. Namun sebenarnya panitia telah menyiapkan game untuk dimainkan dipantai tetapi karena waktu yang terlalu sore dan bahaya jika kembali pada malam hari akhirnya game dibatalkan dan akhirnya langsung kembali ke tujuan pertama atau rumah kita himpunan tercinta untuk setelah itu kembali ke kos masing-masing.

Walaupun ini adalah proker pertama dan sangat baru bagi Department Internal untuk mengadakan proker ini namun sebenarnya proker ini bisa terus dilanjutkan kedepanya, karena proker ini tujuanya bagus untuk menyegarkan pikiran dengan jalan-jalan bareng sambil melupakan sejenak tugas-tugas yang ada, tetapi ada baiknya juga bila dibarengi dengan rombongan pengendara motor yang berjalan beriringan agar selalu taat pada poros barisan jangan ada yang ugal-ugalan dijalan karena masih ada beberapa oknum kemarin yang masih ugal-ugalan dijalan tanpa menghiraukan keselamatan dirinya dan pengguna jalan lainya. (IR)

ELEKTRO BERBAGI 2017

(Sabtu, 4 November 2017) Departemen Eksternal Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya kemarin mengadakan kegiatan amal yang bertajuk “Elektro Berbagi” di SD Negeri Kuwolu Bululawang . Selain dari Departemen Eksternal yang terlibat pada kegiatan ini adapun dari Departemen AKSI juga turut membantu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dimana untuk menjadi pengajar ke adik-adik di SDN Kuwolu Bululawang. Disana teman-teman dari TEUB banyak berbagi banyak hal salah satunya dari teman-teman Departemen AKSI yang memberikan wawasan kepada adik-adik SDN Kuwolu Bululawang, tentang berbagai macam hal seperti lingkungan, cita-cita dan tokoh inspirasi

Selain berbagi tentang wawasan dan pengetahuan kegiatan tersebut turut pula menyumbangkan hal lain yang bermanfaat seperti pemberian tempat sampah sebanyak 7 buah, yang nantinya agar bisa digunakan oleh pihak sekolah. Kemudian tempat sampah tersebut akhirnya dilukis oleh adik-adik di SDN Kuwolu Bululawang, agar mereka bangga terhadap tempat sampah yang sudah mereka lukis bersama

Kemudian dari Ketua Pelaksana kegiatan acara tersebut yaitu Rovika Rizkiyan Ardanny (TEUB’15) menyampaikan harapan kedepannya akan kegiatan ini yaitu “Dengan adanya kegiatan “Elektro Berbagi” ini ke sekolah SD semoga bisa tetap dilanjutkan. Karena mengingat kegiatan ini baru pertama kali diadakan oleh Himpunan TEUB”. Selain itu Ardanny juga menambahkan bahwa banyak pesan dan kesan yang didapatkan khususnya tentang pentingnya akan rasa berbagi terhadap sekolah yang masih memiliki kondisi yang memprihatinkan.(LUT)