Internet of Things Training

IEEE UB Student Branch melaksanakan kegiatan Internet of Things Training yang berlangsug selama dua hari di Teknik Elektro Universitas Brawijaya yaitu pada tanggal 5 dan 12 November 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari IEEE UB Student Branch yang diikuti oleh peserta training yang sudah mendaftar sebanyak 70 orang yang tergabung dalam 14 kelompok.

Pada sesi pertama training yaitu tanggal 5 November 2017, diadakan pengenalan tentang dasar-dasar IoT oleh Bapak Eka Maulana, ST., MT., M.Eng melalui materi Internet and Communication Technology dan IoT System Design. Kemudian acara dilanjutkan dengan training tentang Basic IoT Programming berbasis NodeMCU dan Cloud. Pada Training ini peserta diajarkan bagaimana mengintegrasikan NodeMCU yang telah dihubungkan dengan beberapa sensor dengan BlynkApp yang berfungsi sebagai antarmuka pengguna dan mengakses data yang telah didapat sensor-sensor tersebut melalui cloud. Acara ditutup dengan sayembara yang diadakan oleh panitia yaitu IoT design contest yang akan dilombakan pada sesi ke dua training.

Pada sesi kedua training yaitu tanggal 12 November 2017, diberikan materi lebih lanjut tentang IoT yaitu IoT Embedded Programming dan IoT Standard Protocol oleh Bapak Eka Maulana, ST., MT., M.Eng. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dari seluruh kelompok yang sudah mendesain konsep IoTnya masing-masing. Dan sesuai hasil penilaian juri yaitu Bapak Eka Maulana, ST., MT., M.Eng., Bapak Lunde Ardhenta, ST., M.Sc, dan Reza Kemal, didapatkanlah 3 kelompok dengan desain IoT terbaik, juara 1 diraih oleh kelompok Octa Rudin dengan Wafle yaitu alat untuk monitoring air PDAM atau non PDAM, juara 2 diraih oleh kelompok Ardyanda Putra dengan Smart Strawberry Farm yaitu kebun Strawberry dengan konsep IoT, dan juara 3 diraih oleh kelompok Olivia Ferlita dengan Desain Smart Planting sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Panen Padi yaitu monitoring panen dengan IoT.

Wildan Alfi Syahri yang menjabat sebagai ketua IEEE UB Student Branch mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan materi tentang IoT dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill mereka di bidang elektronika serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini pula bertujuan untukmeningkatkan rasa percaya diri mahasiswa untuk mengikuti sebuah kompetisi di mulai dari lingkup internal. Ia juga berharap acara IoT ini mampu mengembangkan pola pikir mahasiswa untuk berinovasi dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat dengan mengaplikasikan apa yg telah diperoleh dan juga mampu mengembangkan kepercayaan diri yang ada agar ingin bersaing dilomba lomba diluar TEUB.(RIF)